MEMILIH PC UNTUK DIGITAL HOME RECORDING

March 22, 2010 - 8:34 am 11 Comments

Spesifikasi Hardware Apakah yang dibutuhkan untuk membuat sebuah PC guna Digital Home Recording ?

Untuk mendapat kualitas audio terbaik  sudah pasti soundcard adalah solusi utama untuk mencapai tujuan tersebut. Banyak sekali soundcard di pasaran. Selain sesuai dana, kita harus mempertimbangkan fitur-fitur dari soundcard tersebut. Selain itu, memilih komponen pendukung untuk recording audionya harus sesuai dengan kebutuhan kita. Bagaimana mengoptimalkan soundcard dan komponen pendukung lainnya?

Komponen-komponen pembangun sebuah PC untuk Digital Home Recording adalah sebagai berikut :

1. HardDrive atau HardDisk

Terkadang susah menemukan hard disk bermerek yang sesuai spek. Namun yang terpenting gunakan hard disk dengan speed minimal 7200rpm atau yang lebih optimal lagi adalah 10000rpm. Sangat tidak dianjurkan memilih speed hardisk 5400rpm. Karena waktu recording disk berputar terus dan ini memerlukan kecepatan tinggi untuk akurasi penerimaan dan penulisan input. Meminimalis delay atau waktu tunda atau latency. Misal waktu jreng gitar atau membunyikan alat musik lainnya seketika lansung diterima oleh software recording(latency mendekati 0 detik). Gunakan Kapasitas hardisk seoptimal mungkin karena jenis data yang digunakan software digital recording biasanya sangat besar, terutama pada penggunaan sample rate yang tinggi.

FAQ (Frequently Ask Question)

Q : Merek??

A : Seagate Sata(lebih baik SATA dari pada IDE) adalah yang paling umum,

karena beberapa jenis dapat memberikan speed sesuai rekomendasi di

atas. Merk lain juga boleh misal WD raptor, Hitachi, dll

Q : Harga??

A : Sangat fluktuatif, bisa dilihat di brosur-brosur pameran. Minimal 1,5juta.

2. Processor

Dalam recording, komputer dapat hidup berjam-jam dengan memaksimalkan fungsinya. Software recording tidak seperti game yang membutuhkan kinerja maksimal di semua lini PC. Sudah pasti pemilihan processor yang tidak cepat panas tapi memiliki kinerja optimal adalah solusi terbaiknya. Minimal dual core, Pentium atau AMD terserah sesuai selera. Kedua jenis processor itu dapat bekerja maksimal berjam-jam lamanya tanpa mengkhawatirkan suhu dan performanya terutama ketika melakukan squencer.

FAQ (Frequently Ask Question)

Q :AMD cepat panas jika digunakan dalam waktu lama terutama??

A :Memang AMD memiliki suhu relatif lebih tinggi sehingga daya tahan

terhadap panas lebih bagus dari pada pesaingnya.

Q : Rekomendasi??

A : Apapun, asal jangan processor kelas dua seperti celeron dan dual core

rendahan.

Q : Bagaimana dengan Motherboard??

A : Tidak terlalu masalah, hampir semua motherboard sekarang dapat terintegrasi

dengan soundcard external.

3. VGA

Terkadang dalam recording, kita memerlukan dua monitor untuk melihat aplikasi yang sedang digunakan. Misal beberapa squencer membutuhkan dua tampilan yaitu edit window dan mixer window. Kedua fasilitas tersebut biasanya dimiliki oleh VGA card out board tetapi beberapa onboard VGA juga sudah mendukung fasilitas ini.

FAQ (Frequently Ask Question)

Q : Ada rekomendasi merk??

A : Untuk VGA masih dipegang 2 pabrikan utama yaitu ATI dan Nvidia

Q : Spesifikasi??

A : Beberapa VGA yang suport dualport misalnya Jaton nVIDIA GeForce

FX5200 Dual VGA Video Card atau ATI Fire GL V7300 Graphics Adapter.

Q : Mahal juga ya??

A : Beberapa onboard VGA juga memiliki fasilitas multimonitor, tinggal

bagaimana mengoptimalkannya.

3. RAM

Beberapa software recording seperti Nuendo, GuitarRig, Cubase, Sonar, dll memerlukan RAM minimal 512Mb, recommended 1Gb. Penggunaan lebih dari satu macam software pasti memerlukan jumlah RAM yang lebih tinggi

FAQ

Q : Rekomendasi besar RAM??

A : Tergantung software yang sering kita gunakan. Bacalah system requirement

dari software tersebut, sebagai patokan gunakan recommended nya untuk

mendapat hasil optimal.

4. Power Supply

Jika PC tersebut hanya menggunakan sebuah harddisk, power supply dengan daya 350W-400W sudah cukup.

FAQ

Q : Rekomendasi??

A : Banyak sekali, gunakan yang stabil. Sebagai optimasi, gunakan jenis yang

memiliki cadangan energi terutama ketika listrik mati sehingga kita memiliki kesempatan untuk menyimpan hasil recording kita terlebih dahulu.

5. Soundcard

Soundcard adalah sebuah alat, yang mengubah sinyal audio analog (yang keluar dari gitar, kibor, mic) menjadi digital (10100101010), agar bisa dibaca oleh komputer, dan disimpan sebagai data .wav atau .mp3 atau lainnya. (proses merekam).

Soundcard sangat menentukan kualitas audio yang terekam dengan audio yang diputar. Hal yang perlu diperhatikan adalah latency, soundcard recording yang baik harus mempunyai latency yang sangat kecil bahkan mendekati nol karena kita tidak mau sinyal audio yang direkam, akan sepersekian detik terlambat. rata rata soundcard onboard standar komputer PC, memiliki latency yang cukup besar. sehingaga tidak dianjurkan untuk melakukan multitrack recording dengan soundcard onboard. Di panggung, memainkan alat musik drum, bass, gitar, vokal, dsb dilakukan secara bersamaan. Tetapi pada recording, TIDAK HARUS bersamaan, bisa sendiri sendiri kemudian digabung yang disebut dengan MULTITRACKING. Tiap track harus tidak boleh ada terlambat sepersekian detik dari track yang lain. Untuk alasan inilah, mengapa soundcard yang dipilih harus zero latency.

FAQ

Q : Tips-tips memilih soudcard??

A : Berikut tips-tipsnya

-     Koneksi

Koneksinya sih paling ada 3 macem, yaitu PCI, USB, dan FIREWIRE.
PCI jelas diperuntukkan untuk PC desktop. USB, ini adalah koneksi untuk soundcard eksternal  langsung plug n play dan sangat mudah selain itu sangat cocok untuk mobile recording, dengan laptop ataupun dirumah. FIREWIRE, ini bentuk koneksi yang lebih cepet dari usb. Biasanya membutuhkan firewire port.

-     Kualitas Sampling

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih sound card yaitu resolusi dan sample rate-nya, misalkan 16bit/44.1KHz, 24bit/96KHz, 24bit/192KHz dll. Singkatnya semakin besar resolusi maupun sample rate-nya kualitas suara yang dihasilkan akan semakin baik walaupun pada akhirnya lagu akan di-burn ke CD yang hanya memiliki resolusi 16bit/44.1KHz. Biasanya soundcard yang kualitas “Digital Home Recording” mempunyai sampling 24bit/96khz. Jarang yang sampai 192khz. Susah untuk mendengan perbedaannya terutama bagi telinga orang awam, jadi jangan khawatir gunakan angka 24bit/96khz sebagai standart saja.

-     INPUT / OUTPUT

Seberapa banyak input yang bisa diterima secara simultan?
Seberapa banyak output yang bisa dikeluarkan secara simultan?

Semakin banyak jumlah inputnya maka semakin banyak instrumen / sumber suara yang dapat kamu rekam secara bersamaan pada satu waktu, misalkan buat merekam drum dibutuhkan 8 input sehingga snare, tom, floor, kick, crash, chinese, ride, hihat dll dapat direkam secara bersamaan dengan masing-masing track yang terpisah. Tetapi, apabila hanya ingin merekam gitar, bass, vokal atau keyboard secara overdub (satu-persatu / dalam waktu yang ga bersamaan) maka cukup menggunakan sound card yang memiliki 2 input. Selain itu, biasanya sound card juga memiliki fasilitas koneksi yang berbagai macam seperti digital I/O S/PDIF, AES-EBU, MIDI dll

Q : Merk dan Harga??

A : Untuk rentang harga 1-5juta (Februari 2010)

1. ECHO mia midi (PCI)
2. ESI julia (PCI)
3. ECHO audiofire 2 (firewire)
4. ECHO audiofire 4 (firewire)
5. CME matrix K (firewire / usb)
6. ESI duafire (firewire)
7. NATIVE INST audio kontrol 1 (usb)
8. MBOX 2 (usb)
9. EDIROL UA-4FX (usb)
10. LINE6 toneport ux1 (usb)
11. LINE6 toneport ux2 (usb)
12. LINE6 toneport kb37 (usb)
13. PRESONUS inspire 1397 (firewire)
14. APOGEE duet (firewire)
15. M-AUDIO fast track (usb)
16. FOCUSWRITE saffire (firewire)
17. M-AUDIO firewire 410 (firewire)
18. EMU 0202 (usb)

6. Microphone

Microphone adalah alat penerima sumber suara (source) akustik yang diubah menjadi sinyal analog, dialirkan melalui kabel/nirkabel ke PC. Microphone memiliki beberapa type, yaitu Dynamic, Kondensor dan Cardioid. Beberapa Tipe Microphone :

-  Mic type Dynamic atau disebut mic biasa termasuk mic yang memiliki sensitivitas rendah.. Seperti kebanyakan mic yang digunakan untuk keperluan mimbar, karaoke, dll.

-  Mic type Condensor merupakan mic yang sangat sensitive. Jangkauannya sangat kuat, sehingga sering menimbulkan feedback (gaung) dan kemungkinan noise yang timbul cukup besar. Mic jenis ini tidak mampu mengalirkan sinyal bila tidak dibantu oleh Phantom Power yang terdapat pada mic pre –amp, karena sifatnya pasif.

-  Mic Cardioid adalah type yang terbaik untuk kelas rekaman profesional. Type ini sebenarnya sejenis mic dynamic dengan jangkauan terbatas, sensivitas tinggi. Umumnya type ini digunakan untuk take vocal. Suara yang diterima natural dan jernih.

FAQ

Q : Merk dan Harga??

A : Berkisar 1 s.d 5 jt. Seperti merk terkenal BEHRINGER B-2, SHURE KSM 44,

RODE NT-1. Umumnya type ini digunakan untuk take vocal. Suara yang

diterima natural dan jernih.

7. Speaker dan Headphone

Speaker atau sering disebut speaker monitor dalam dunia recording berbeda dengan speaker rumahan atau speaker komputer yang umum. Speaker komputer biasa dirancang untuk mendengarkan lagu sudah jadi. Sudah melalui proses mastering dan mixing. Atau kita mengenalnya sebagai Hi Fi. Tetapi monitor dalam recording kita memerlukan speaker yang disebut dengan speaker Flat. Dan ini harganya memang cukup mahal dan makin kelas makin mahal. Biasanya ini adalah speaker aktif.

Saat mulai mendengarkan maka kebutuhan akan headphone menjadi sangat penting karena pada saat mixing dan mastering kita akan mengatur balance suara dari setiap track. Ingin mengatur tingkat volume, stereo dan bahkan surround masing-masing instrumen.

FAQ

Q : Merk dan Harga??

A : Merek Speaker mulai Samson sampai ke JBL, untuk Headphone sangat

direkomendasikan bermerk Sennheiser. Ada Harga ada kualitas.

Daftar Pustaka

a. Agus Hardiman, Tips Memilih Soundcard!, http://www.musiktek.com/e107_plugins/content/content.php?content.74 28 December 2009

b. Kevin Kemp, Introduction to Digital Home Recording, http://www.kevinkemp.com/homerecordingtutorial/equipment_index.htm

c. Prima, Home Recording,

http://yoyokpm.wordpress.com/2009/03/29/home-recording/ 29 Maret 2009


11 Responses to “MEMILIH PC UNTUK DIGITAL HOME RECORDING”

  1. Siaunen2 Says:

    Itu mic sama speaker sudah bisa dapat honda supra pit =)

  2. venty Says:

    nice post kawand..
    analisis kebutuhan yang menarik..
    semoga bermanfaat..

  3. Lenora Palasik Says:

    Howdy there,Superb blog post dude! i am Fed up with using RSS feeds and do you use twitter?so i can follow you there:D.
    PS:Do you thought about putting video to the blog to keep the people more interested?I think it works.Yours, Lenora Palasik

  4. online verkaufen Says:

    Christmas is the time when people put so many bulbs on the outside of their houses, you don’t know if they’re celebrating the birth of Jesus or General Electric

  5. Enrique Kleese Says:

    Hello there! Would you mind if I share your blog with my myspace group? There’s a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Thank you

  6. groupbands Says:

    I believe this is certainly one of the lots crucial facts for me. With this particular happy understanding ones post. Nonetheless want to feedback with quite a few popular issues, It taste is extremely good, your content is truly superb : Debbie. Very good job, all the best

  7. Maritza Says:

    I see a lot of interesting articles on your website.
    You have to spend a lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there
    is a tool that creates unique, google friendly
    articles in couple of seconds, just search in google
    - k2 unlimited content

  8. Lieselotte Says:

    I read a lot of interesting posts here. Probably you
    spend a lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool that creates unique, google friendly articles in seconds,
    just type in google – laranitas free content source

  9. JesHairl Says:

    Achat Cialis Non Generique Nebenwirkungen Cialis Generika Ingredients Amoxicillin cheap cialis Buy Antabuse Online Comment Puis Alli 170 Count Sale generic levitra 40mg Buy Levitra Online Canada Buy

  10. PearlblokE Says:

    Yesterday i got some shocking info about Omega 3 foods and now i really wanna buy it. But i’m not really sure which benefits will i have. I’ve got this omega 3 info , and currently i wanna get it with lowest price. Any idea?

  11. CarolynBab Says:

    Absolutely NEW update of SEO/SMM package “XRumer 16.0 + XEvil 3.0″:
    captcha breaking of Google, Facebook, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex,
    and more than 8400 another types of captcha,
    with highest precision (80..100%) and highest speed (100 img per second).
    You can connect XEvil 3.0 to all most popular SEO/SMM software: XRumer, GSA SER, ZennoPoster, Srapebox, Senuke, and more than 100 of other programms.

    Interested? There are a lot of introducing videos about XEvil in YouTube.
    You read it – then IT WORKS!
    Good luck!

    XRumer201708

Leave a Reply