FACEBOOK: KEMAMPUAN SERVER VS INVESTASI UANG

March 16, 2010 - 1:53 am 3 Comments

  • Jumlah dari MySQL server – 1,800
  • Jumlah dari MySQL DBAs – 2
  • Jumlah dari Web server – 10,000
  • Jumlah dari Memcached server – 805

Server Facebook

Perusahaan ini berjalan sekitar 30.000 server, menurut Data Center Knowledge, menurut komentar yang dibuat oleh VP Facebook teknologi, Jeff Rothschild, baru-baru ini di sebuah konferensi pengguna MySQL.  Dari 30.000 server, 1.800 berasal dari MySQL dan sekitar 805 di antaranya adalah memcached server. Untuk penyimpanan infrastruktur yang luas, Facebook telah disewakan ruang pusat data dari DuPont Fabros di Ashburn, Va, dan Digital Realty Trust di Santa Clara, California, laporan DCK.

Gambar 1.Ruang server facebook rencana operasi tahun 2011

Gambar 2.Rak-rak yang berisi server

Memcached berperan penting dalam distribusi performa tinggi sistem caching memori. Facebook menggunakan memcached database untuk meringankan beban. Memcached lebih cepat dan lebih efisien daripada kebanyakan instalasi, menggunakan lebih dari 800 server yang menyediakan lebih dari 28 terabyte memori untuk user. Meningkatnya penggunaan mengharuskan facebook untuk membuat modifikasi pada kedua sistem operasi dan memcached untuk mencapai kinerja yang terbaik untuk user. Sekarang facebook telah mampu meningkatkan memcached untuk menangani permintaan 200.000 UDP per detik dengan rata-rata latensi 173 mikrodetik. Ini merupakan peningkatan luar biasa dari 50.000 UDP permintaan/detik menggunakan versi stok Linux dan memcached

Tiap minggu, facebook memiliki pengguna baru sebanyak 2 juta orang menyebabkan beban pada ribuan server facebook terus meningkat pada tingkat yang cukup mengejutkan. Untuk mengatasinya pada server MySQL memiliki fitur replikasi besar yang memungkinkan secara real time, mengubah aliran perubahan yang terjadi pada server. Meskipun data disimpan di database MySQL server, Sejumlah besar tetap menggunakan memcached server untuk menyimpan salinan data. Facebook menyimpan informasi tambahan ke replikasi MySQL yang memungkinkan untuk dapat memperbarui memcached di Server Virginia. Hal ini memastikan bahwa cache dan database selalu di sinkron

Investasi Uang

Facebook tampaknya menghabiskan $ 20 juta untuk $ 25 juta per tahun untuk pusat data ruang dengan server, menurut sebuah analisis dari pusat data perusahaan infrastruktur. Biaya perusahaan akan meningkat akhir tahun ini, ketika menambahkan sebuah pusat data baru di Virginia. Sementara itu banyak uang  itu jauh lebih kecil dari Microsoft atau Google menghabiskan membangun pusat data mereka.

Facebook telah membuat komitmen untuk infrastruktur masa depan dengan menginvestasikan sebuah ruang data raksasa di Virginia utara yang akan memberikan ribuan ruang untuk server tambahan. Menurut para ahli ekonomi diperkirakan investasi ini sebesar 125 juta US Dollar dan baru akan dijalankan setelah tahun 2011.

Berikut rincian investasi facebook sebelumnya :

  • Facebook membayar $ 10.9 juta per tahun untuk 114.168 meter persegi ruang di Silicon Valley
  • Facebook juga penyewaan ruang pusat data di Ashburn, Virginia dari DuPont Fabros (DFT). Walaupun pemilik lahan belum menerbitkan rincian sewa Facebook, Rackspace (rax) baru-baru ini mengatakan dalam sebuah SEC bahwa membayar sekitar $ 5 juta yang tahun untuk jumlah ruang yang serupa di pusat data Ashburn
  • Facebook juga menjadi tuan rumah peralatan di Santa Clara, California data center dioperasikan oleh Terremark Worldwide (TMRK), sebuah Palo Alto, Calif fasilitas yang dioperasikan oleh Switch & Data (SDXC) dan setidaknya satu pusat data Eropa dioperasikan oleh Telecity.

Beberapa hal di atas hanya untuk fasilitas, dan tidak mencakup investasi penyimpanan di server dan perangkat keras oleh facebook yang substansial. Beberapa laporan mengatakan perusahaan menghabiskan $ 30 juta pada server-server pada 2007 dan $ 60 juta pada tahun 2009.

  • Hardware

Platform Facebook membutuhkan banyak koneksi HTTP ke dan dari server aplikasi eksternal sehingga mengurangi jumlah keseluruhan permintaan yang dapat dilakukan server tiap detiknya. Selain itu, untuk membuat aplikasi dengan skala sebesar ini sedangkan harus menyimpan sebagian besar data dalam sebuah server inti dengan asumsi bahwa setiap profil pengguna facebook memiliki sekitar 500 KB data dan tiap server memiliki 4 Gb memory. Facebook akan membutuhkan  lebih dari 5.000 server untuk cache-19 TeraByte data profil. Untuk tiap server berharga 1000 US Dollar, maka dibutuhkan investasi sebesar 5.000.000 US Dollar.

  • Hosting

Asumsikan Facebook memiliki sekitar 5.000 server dan masing-masing rak memiliki daya yang cukup untuk 30 komoditas server (menghitung berdasar gambar Server facebook 1 ,2 ,3) dan Facebook akan membutuhkan sekitar 167 rak. Misalkan mereka membayar 500 US Dollar per rak per bulan (termasuk biaya daya listrik). Jika demikian, mereka akan melihat tagihan sebesar  1.000.000 dollar per tahun untuk host server mereka (bandwidth dikecualikan).

Kesimpulan

  • Kemampuan Server Facebook untuk terus berkembang mengikuti jumlah pengguna dan kualitas konten web telah menunjukkan bagaimana kecanggihan suatu sistem tetap bertahan di tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat
  • Dengan 30.000 server dan terus bertambah di tiap tahunnya, Facebook bagaikan memiliki suatu negara dengan penduduk secara kasat mata(di dunia maya)
  • Karena itu facebook tidak mungkin mengalami down server hanya karena seluruh penggunanya melakukan akses secara bersamaan ke facebook
  • Facebook berani berinvestasi lebih dari 100 juta dollar US demi infrastrukturnya(terutama bagi pembangunan server). Dengan dukungan iklan yang terus mengalir, dapat dimungkinkan investasi ini akan terus melipatgandakan keuntungan facebook

Daftar Pustaka

http://deftlabs.com/2007/11/facebooks-platform-costs/

http://www.datacenterknowledge.com/archives/2009/10/13/facebook-now-has-30000-servers/

http://www.datacenterknowledge.com/archives/2009/05/18/facebook-20-million-a-year-on-data-centers/

3 Responses to “FACEBOOK: KEMAMPUAN SERVER VS INVESTASI UANG”

  1. venty Says:

    fenomena facebook sangatlah menghebohkan..
    tetapi hal tersebut juga didukung oleh teknologi yang canggih..
    mantap..

  2. Akung Says:

    sudah 2 hari facebook susah di akses lewat PC. kenapa yan?

  3. PearlblokE Says:

    Day ago i got some interesting info about Omega 3 foods and now i very wanna get it. But i’m not really sure which benefits will i have. I’ve got this omega 3 info , and currently i wanna get it with lowest price. Any idea?

Leave a Reply