sistem operasi OSEK

March 3, 2010 - 11:42 am 5 Comments

OSPEK adalah Orientasi Studi dan Penganalan Kampus maksudnya OSEK. OSEK adalah O ffene S ysteme und deren Schnittstellen für die E lektronik di K raftfahrzeugen. Bahasa manusianya adalah Open Sistem dan interface untuk elektronika di kendaraan bermotor.

Pada suatu hari di bulan Mei 1993, para sesepuh di negeri Jerman telah mendirikan proyek bersama dalam industri otomatif Jerman yang bertujuan untuk standarisasi industri untuk sebuah arsitektur terbuka guna didistribusikan ke tiap unit kontrol di kendaraan. Mitra awal proyek ini adalah BMW (Bakso Marai Wareg), Bosch, DaimlerChrysler, Opel, Siemens, VW dan IIIT dari Universitas Karlsruhe sebagai koordinator. Kemudian para produsen mobil Perancis PSA dan Renault OSEK bergabung pada tahun 1994, dan muncullah VDX yang memperkenalkan pendekatan (Vehicle Terdistribusi eXecutive) yang merupakan proyek serupa dalam industri otomotif Perancis. Pada workshop pertama di Oktober 1995 OSEK / kelompok VDX mempresentasikan hasil spesifikasi selaras antara OSEK dan VDX. Setelah workshop OSEK internasional ke-2 / VDX  pada bulan Oktober 1997 ke-2 versi spesifikasi diterbitkan.

Lanjutgan!!!

OSEK / VDX terdiri dari tiga bidang :

  • Komunikasi (pertukaran data di dalam dan antar unit kontrol)
  • Operating System (real-time ECU eksekusi perangkat lunak dan basis bagi lain OSEK / VDX modul)
  • Network Management

Ide dasar pembuatan OSEK adalah :

  • Biaya yang tinggi dan berulang-ulang dalam pengembangan dan pengelolaan varian aplikasi non-aspek terkait unit kontrol perangkat lunak
  • Ketidaksesuaian unit kontrol yang dibuat oleh manufaktur yang berbeda karena interface dan protokol yang berbeda

Sangat sederhana, kenapa tak terpikir oleh kita. Waktu itu kita sedang mikirke apa ya? kata Pak J*zi

Target atau tujuan OSEK dibuat adalah mendapat nilai bagus dalam matkul sisop sebagai berikut:

  • Spesifikasi interface yang abstrak dan sebagai aplikasi-independen
  • Spesifikasi sebuah interface pengguna secara bebas dari perangkat keras dan jaringan
  • Efisien desain arsitektur: The fungsionalitas yang akan dikonfigurasi dan terukur, untuk memungkinkan penyesuaian optimal dari arsitektur ke aplikasi yang bersangkutan
  • Verifikasi dari fungsi dan implementasi prototipe dalam proyek percontohan yang dipilih

Bukti dari keberhasilan target diatas adalah OSEK memiliki banyak keuntungan dalam penggunaannya yaitu :

  • Jelas penghematan biaya dan waktu pengembangan
  • Meningkatkan kualitas dari software kontrol unit berbagai perusahaan
  • Antarmuka standar fitur untuk kontrol unit dengan desain arsitektur yang berbeda
  • Sequencing pemanfaatan intelijen (sumber daya yang ada) didistribusikan dalam kendaraan, untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan tanpa membutuhkan hardware tambahan. ini yang paling Mantab!!!
  • Menyediakan kebebasan mutlak berkaitan dengan pelaksanaan tiap unit, seperti tidak mimiliki spesifikasi  aspek pelaksanaan

Dari segala keuntungan di atas, sepertinya OSEK masih menarik untuk dibicarakan di kesempatan berikutnya. Maaf postnya masih berantakan. Jangan lupa komen ya bro dan sis, dan banyak-banyak lah minum air putih..


5 Responses to “sistem operasi OSEK”

  1. bla..bla..bla.. Says:

    ijin pertamax….:D

  2. Yuri Says:

    mejeng di pej wan gan

  3. winpii Says:

    opo to iki ? T.T

  4. venty Says:

    nice post..
    semoga bermanfaat temand..
    menambah ilmu ni.. thx,,

  5. SUJohnadaw Says:

    самые эффективные таблетки для похудения http://диетоника.товар-топ.рф

Leave a Reply